PEMBELAJARAN SETS.DALAM MIPA

PEMBELAJARAN SETS DALAM MIPA
Pengantar
Pembelajaran IPA saat ini kemungkinan akan kembali ke model kurikulum tempo dulu karena pembelajaran terfokus pada informasi konsep ipa dalam rangka sukses Ujian Nasional saja.Jadi sebagian guru hanya mengajarkan tentang Ilmu Pengetahuan Alam bukan mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam yang sebenarnya.
Ilmu Pengetahuan Alam yang meliputi Fisika , Kimia dan Biologi dibentuk dan dibesarkan melalui pemahaman konsep dan percobaan,tetapi pada saat ini yang lebih dititik beratkan hanyalah pemahaman konsep saja.Oleh sebab itu artikel ini diharapkan mampu membangkitkan kembali model pembelajaran IPA yang sebenarnya yaitu melalui pemahaman konsep dan eksperiment.
Pendahuluan
SETS merupakan akronim yang mempunyai kepanjangan Science,Environment,Technology,Society .Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah model pembelajaran yang melibatkan empat buah aspek yaitu Sains ,lingkungan ,teknologi dan sosial.Akronim SETS sebenarnya sudah go public di seluruh negara ASEAN karena dipublkikasikan melalui RECSAM (Pusat Serantau Pendidikan Sains dan Matematika ).
Melalui pembelajaran SETS ini diharapkan agar anak didik akan memiliki kemampuan memandang sesuatu secara terintegral dengan memperhatikan keempat unsur dalam SETS,sehingga diperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengetahuan yang dicapainya.Sebagai konskwensi diharapkan agar pengetahuan tersebut akan memungkinkan mereka memanfaatkannya didalam kehidupan sehari-hari.
Produk Pembelajaran SETS.
Dalam konteks pembelajaran SETS,urutan ringkasannya menunjukan pesan bahwa mempelajari Sains yang dibawa ke penerapan Teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan Sosial dengan selalu memperhatikan dampak lingkungan.Dengan demikian bahwa pembelajaran SETS mempunyai kepedulian terhadap lingkungan kehidupan dan sistem kehidupan manusia.
Disamping itu diharapkan agar melalui pembelajaran SETS akan segera mengetahui cakupan pembelajaran itu sendiri.SETS kan membimbing anak didik secara serta merta agar mampu berpikir secara global terutama keterkaitan antara unsur satu dengan yang lain ,hingga mampu menyelesaikan masalah kehidupan yang akan dihadapi dikemudian hari.
Pelaksanaan pembelajaran SETS harus disesuaikan dengan kapasitas tingkat pendidikan peserta didik dengan target tertentu.Hubungan yang tepat antara SETS dalam pembahasanya adalah keterkaitan antara kompetensi yang diharapkan dengan kehidupan sehari-hari.Oleh sebab itu bahasan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari harus diutamakan.Akan tetapi apabila peserta didik tidak mengetahui bahwa masyarakat disekitarnya sedang mengahdapi masalah,maka masalah yang sedang beredar harus dibicarakan disekolah agar anak didik memahaminya.
Tujuan Pembelajaran SETS.
Pada uraian sebelumnya telah disampaikan bahwa pembelajaran SETS sekurang-kurangnya mampu membuka wawasan peserta didik untuk memahami hakekat pembelajaran Sains secara utuh.Oleh sebab itu pembelajaran SETS mempunyai tujuan untuk membantu peserta didik agar mampu memahami sains , pekembangannya serta bagaimana pengembangan sains mampu diterapkan dalam tekonologi ,lingkungan dan masyarakat secara timbal balik.
Pembelajaran SETS harus mampu memberikan pemahaman tentang peranan terhadap sains,tekonologi dan lingkungan kemasyarakatan,dengan harapan peserta didik mampu menerapkan kompetensi yang telah dimiliki.Disamping itu peserta didik diharapkan juga mampu memahami bagaimana teknologi mempengaruhi laju perkembangan sains,serta berdampak pada linkungan dan sosial masyarakat.Pembelajaran SETS diharapkan mampu menyadarkan peserta didik ,bahwa kebutuhan masyarakat serta hal-hal yang terjadi dalam masyarakat juga berperan dalam pengembangan sains dan tekonologi.Pada saat yang sama pembelajaran SETS juga harus mampu membimbing peserta didik agar memahami kompetensi cara-cara penyelesaian masalah yang timbul akibat perkembangan sains dan teknologi.
Dengan demikian fokus pembelajaran SETS adalah bagaimana cara membuat anak didik agar dapat melakukan penyelidikan dan penelitian untuk mengetahui keterkaitan antara pengetahuan lain dengan sains.Dengan memberikan kesempatan peserta didik mengadakan penelitian berarti anak didik telah dilibatkan untuk mengembangkan kompetensi yang merekan miliki .
Apabila dibandingkan antara SETS dengan pembelajaran STS ( Sains ,Teknologi , Society ) atau pendidikan lingkungan yang diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang hanya memperhatikan pembelajaran sebagai mata pelajaran terpisah ,maka materi yang disampaikan pada peserta didik akan mempunyai kompetensi yang terpisah-pisah satu dengan yang lain.
Dalam pembelajaran SETS kita beranggapan bahwa Enveronment dan Education sebagai satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan.Dalam hal ini perserta didik akan mengamati hal-hal yang sama tetapi mempunyai perspektif yang lebih luas.Dengan kata lain jika semua orang didunia ini mempunyai pandangan sama terhadap suatu masalah,maka masalah tersebut akan dapat diselaikan dengan mudah.
Tujuan utama pembelajaran SETS adalah bagaimana membuat agar SETS dapat menolong manusia agar mampu membuat surga dunia bukan menciptakan neraka bagi kehidupanya sendiri.Selain itu SETS juga diharapkan mampu menolong manusia untuk bersikap tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain .SETS harus berkemampuan dapat menolong semua manusia tanpa memandang suku dan ras agar mereka mendapatkan surga dunia arti hidup berkemakmuran dan berkeadilan.Tujuan yang ideal ini mungkin sulit untuk dicapai tetapi kemungkinannya tetap akan dapat dicapai.
Contoh Pengembangan Materi Pembelajaran SETS mata Pelajaran Biologi
Kompetensi Dasar:Mendiskripsikan Virus dan bakteri
Materi Pokok
Bakteri adalah makhluk hidup bersel satu yang menyebar diseluruh permukaan bumi.Cara hidup bakteri; saprofit,parasit dan bebas.Dalam kehidupan sehari-hari bakteri ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan.
Tekonologi
Dalam bidang teknologi bakteri dapat dimanfaatkan untuk industri pangan(fermentasi pangan),misalnya dalam pembuatan Yohurt,industri biogas dan lain sebagainya.
Masyarakat
Dengan teknologi fermentasi yang mengahsilkan produk minuman Yoghurt,berarti masyarakat memperoleh minuman yang sehat dan menyehatkan.Tetapi masyarakat juga harus mengetahui bahwa ada juga bakteri yang yang merugikan yaitu bakteri pembusuk yang dapat meracuni.
Lingkungan
Dalam bidang lingkungan baktery mampu membantu proses degradasi sampah organik,sehingga tidak menyebabkan penumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan.Bakteri juga dapat digunakan untuk mentralisir air laut yang tercemar oleh tumpahan minyak.
Contoh Pengembangan Materi Pembelajaran SETS mata Pelajaran FISIKA
Kompetensi Dasar:Mendiskripkan Energi Potensial Graviatsi
Materi Pokok
Energi Potensial gravitasi adalah energi yang ditimbulkan karena adanya gaya berat benda. ( Ep = m g h)
Teknologi
Sebagai dasar pemasangan tiang pancang
Lingkungan
1.Mampu menimbulkan polusi suara
2.Menimbulkan getaras keras yang dapat menimbulkan kerugian fisik dan non fisik
3.Menimbulkan efisiensi waktu kerja
Masyarakat
1.Tersedianya fasilitas bangunan yang kuat dan aman
2.Mengurangi jumlah tenaga kerja.
Demikian sekedar contoh menseting pembelajaran SETS dari mapel biologi dan fisika semoga mampu mendorong teman guru lain yang ingin merubah nuansa pembelajaran IPA yang hanya menyajikan pemahaman konsep saja.

Kepada
Yth .Staf Redaksi Derap
Di Semarang
Assalamu’alaikum wr.wb.
Bersama ini saya kirimkan sebuah artikel yang berjudul “PEMBELAJARAN SETS.DALAM MIPA”.Secara garis besar merupakan motivasi bagi guru terkait untuk dapat tergugah lagi dalam pembelajaran IPA yang sebenarnya.
Untuk selanjutnya saya serahkan sepenuh kepada staf Redaksi untuk ditetapkan layak dan tidaknya artikel ini ikut mengisi majalah Derap.
Untuk komunikasi selanjutnya gunakan identitas dibawah ini.
1.Nama : Drs. Suhartono
2.Pekerjaan : Guru
3.Unit Kerja : SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang
4.Alamat : Jl.Tidar No 21A Kota Magelang , Jawa Tengah.
Demikian terima kasih atas perhatianya
Wassalamu’alaikum.wr.wb
Magelang , 24 Nop 2010
Penulis
Drs. Suhartono

About these ads

Tentang bopong

saya penggemar budaya jawa saya guru SMA saya senang menulis
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s