PERADILAN DAN MAFIA

PERADILAN DAN MAFIA PERADILAN

PENDAHULUAN

Akibat kemajuan teknologi informatika orang kecilpun sekarang jadi memahami betapa terpuruknya pelaksanaan peradilan di Indonesia.Ternyata mafia yang paling jahat adalah mafia di peradilan,sebab yang benar dapat difonis salah dan yang salah dapat difonis benar karena fungsi mafia peradilan yang lebih dominan.

Kapan mafia peradilan ini muncul? Pertanyaan ini dapat dijawab dengan mudah yaitu mulai adanya penegak-penegak hukum silau dengan harta benda silau dengan apa yang dinamakan uang.Sejak jaman orde lama orde baru sampai orde reformasi pertumbuhannya justru malah semakin subur.Mengapa dapat tumbuh semakin subur? Pertumbuhan apapun akan subur manakala diberi suplemen yang memadai ,untuk mafia hukum suplemen itu dapat berupa sponsor dari pengusaha yang berjaya ,dari penguasa politik yang berpengaruh dan dari kondisi yang tidak terkendali.

Penulis sangat tertarik untuk mengkaji masalah mafia hukum ini ,karena dengan pertumbuhannya yang semakin kuwat maka orang-orang kecil rakyat jelata yang akan mendapatkan bebannya.Sementara pengusaha dan penguasa akan semakin berjaya kiprahnya karena dengan harta dan kekuasaannya mampu memutar balikan hukum yang berlaku.

Latar belakang munculnya mafia peradilan ini sebenarnya merupakan warisan dari pendahulu kita yang pada jaman sangat terlindungi oleh kekuasaan politik dan uang.Dijaman reformasi ini sejak negara ini dikendalikan SBY rakyat kecil sangat berharap peradilan bulan memihak pada yang berkuasa maupun yang berduit.Legalah kiranya presiden SBY nampaknya konskwen dengan komitmenya untuk mengani kejahatan korupsi hingga membentuk lembaga baru yang disebut KPK.

Munculnya lembaga baru ini benar-benar membuat rakyat kecil banyak berharap mampu menangani kejahatan korupsi yang meraja rela di negara ini.Tetapi bagaimana lembaga-lembaga yang seharusnya menangani perkara ini , seharusnya bersyukur karena sebagian tugasnya dialihkan pada lembaga yang baru tunas tersebut,tetapi apa yang terjadi justru malah bertolak belakang.

AKIBAT BERDIRINYA KPK

Berdasarkan hukum sebab akibat dengan dibentuk lembaga baru (KPK) akan menimbulkan dua akibat.Yang pertama bagi-bagi siapa saja yang berhati mulia jujur dan suci akan manaruh respon positif , tetapi pada siapa saja yang kiprahnya dengan menggunakan nafsu kejahatan tentu akan merespon negatif.Bukan merupakan tuduhan tetapi hanya merupkan perkiraan,kelompok orang dari manapun yang merespon negatif tentu akan menysun strategi agar sepak terjang KPK terseok-seok atau dengan kata lain akan membuat ranjau-ranjau agar KPK tidak mampu bekerja dengan baik.

Rupa-rupanya KPK lengah dengan keadaan sehingga benar apa yang diperkirakan.Dimulai dengan terjerat Antasari Anhar dalam kasus pembunuhan yang berlatar belakang wanita idaman lain.Entah benar entah salah putusan pengadilan ternyata Antasari tetap mendekam dalam rumah tahanan.Kemudian muncul kasus cicak lawan buaya dua pimpinan KPK juga tersangkut jaringan diduga bermain suap yang akhirnya kasusnya diredakan oleh kebijakan presiden.Namun putusan jaksa agung ternyata mampu digugat oleh pakar mafia Anggodo Wijaya yang mempraperadilankan dan putusan hakim memihak pada pakar Mafia ini.

Yang lebih memprihatinkan adalah muncul kasus Gayus sang pegawai pajak , yang semula diangkat oleh mantan bareskrim (pak Susno D) ,yang sekarang malah dalam kurungan.Hal ini juga menunjukan bahwa kelompok Mafia hukum masih berjaya masih ampuh mampu membungkam orang-orang yang membahayakan baginya.

Apa yang terjadi selanjutnya? Ternyata benar perkiraan beliau (pak Susno ) bahwa kasus Gayus ternyata mampu melibatkan orang-orang terkenal,pejabat-pejabat pengadilan,baik oknum kepolisian oknum kejaksaan maupun kehakiman.Dengan terkuaknya kebobrokan lembaga ini ternyata masih harus ditambah lagi munculnya kasus Gayus yang keluar masuk penjara dengan kekuatan uangnya.Siapa lagi dan lembaga manalagi yang tercoreng dengan kasus ini tidak lain kepolisian.Apapun alasannya masyarakat banyak sudah hilang kepercayaannya terhadap satu lembaga ini.Kalau pimpinan tertinggi dari lembaga ini bersedia untuk mereformasi lembaganya maka masyarakat banyak tetap tidak percaya adanya.Akan lebih baik apabila yang melakukan reformasi dari lembaga lain ,untuk sementara lembaga ini sebaiknya diam tidak banyak komentar membela diri.

SOLUSI

Benar Presiden mengatakan tidak mau menginterferensi perkara hukum dilembaga peradilan,tetapi jika dicermati mafia hukum banyak bercokol dilembaga peradilan baik di kepolisian .kejaksaan maupun kehakiman ,maka untuk memperbaiki dan mereformasi tubuh lembaga ini Presiden tidak salah ikut campur tangan.

Pemberantasan Mafia peradilan harus mendapatkan preoritas pertama sebelum menangani kasus kasus lain.Sebab apabila dominasi mafia hukum dalam lembaga-lembaga ini masih kuat penanganan kasus selalu akan berfihak pada kelompok mafia ,yang berakibat fatal karena yang salah jadi benar dan yang benar jadi salah.

Pemutusan hubungan antara Mafia peradilan dengan sponsor baik kalangan pengusaha maupun penguasa.Siapakah yang harus menangani hal ini ,presidenlah yang harus memikirkan dan berkoordinasi dengan wakil rakyat.

Pemerintah harus berani melepaskan tahanan-tahanan yang hanya bertendensi perlindungan terhadap keberadaan Mafia peradilan, sebab merekalah yang dapat menjadi informen yang memang menguasai sepak terjang Mafia peradilan.

Penutup

Menurut jangka Jayabaya memang benar pada jaman Kalabendu ini banyak penguasa yang mengikuti wahyu setan ,atau petunjuk yang menyesatkan ,yang hanya mementingkan diri pribadi terutama yang berurusan dengan uang.Pada jaman ini Uanglah yang berkuasa nurani masih tertinggal jauh dibelakang.

Rupa-rupanya ini merupakan bukti bahwa ramalan tersebut benar-benar terjadi,orang-orang jahat malah mendapatkan pangkat ,orang-orang suci dan arif malah tersingkir.Hal ini akibat dari sebuah kelalaian seperti yang termuat dalam Al Qur’an surat At Takasur,lalai karena bermegah-megahan ,selalu hanya menghitung harta benda kekayaan saja sehingga lupa terhadap tanggung jawabnya sebagai pelayan ,pelindung dan pengayom masyarakat.

Tentang bopong

saya penggemar budaya jawa saya guru SMA saya senang menulis
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s