TAFSIR MULA BUKA

Asmaradana

1.Ngeblat –Raos-Nerus-Batin

Asmara mring asma Allah

Marmamba mugi kaiden

Muradi wewadining Allah

Myang gumelaring jagad

Jagad Pisan Pindo katlu

Tanapi isen-isenya

Tafsiran bebas

Pada pupuh asmaradana ini sang pencipta tembang bahwa ”Ngeblat Raos Nerusbatin ”artimya degan penuh konsentrasi ia sangat tertarik terhadap ”Asmara mring Asma Allah ” ,yang artinya kecintaanya terhadap nama Allah.

Dengan harapan ” Marmamba mugi kaiden ”  ratinya semoga mendapat ijin dari sang pencipta yaitu Allah, untuk ”Muradi weading Allah ” mengupas rahasia Allah ”Myang gumeraling jagad ” beserta terciptanya yaitu ”jagad pisan pindo katlu ” jagat pertama , jagad jedua dan jagat ketiga dan pada akhirnya ”tanapi isen-isenya ” dilanjutkan dengan membahas isi darijagat terdebut..

2.Ring pangripta mapan pamrih

Demi angestoken tugas

Inggih mung sakeconggahe

Sung sesuluh miring pra kadang

Kang hatunggal falsafah

Myang anak putu kang kasdu

Sesuluh mangkya lenekas

Tafsiran bebas

”’Ring pangripta mapan pamrih”Penyusun /pencipta tembang/lagu ini jauh dari pamrih /keinginan dibalik semuanya , dia hanya ”Demi angestoken tugas” demi menjalankan tugas yang dilaksanakan” Inggih mung sakeconggahe”,dengan sebatas kemampuan yang ia miliki dalam rangka ” Sung sesuluh miring pra kadang” , memberi penjelasan kepada sanak saudara yang ” Kang hatunggal falsafah” mempunyai falsafah sama dengan penulis beserta ” Myang anak putu kang kasdu” anak cucu yang mau mengkaji.Untuk itu penjelasan segera dimulai ” Sesuluh mangkya lenekas”

3.Durung ana sawiji dadi

Mung Allah thil Purweng ana

Awang uwung klenggahane

Allah sifat cahya mulya

Nglimuti tan wusana

Maha suci agung luhur

Tanpa kantha tanpa kanca

Tafsiran bebas

Sebagai awal mula yang ada hamya Allah” Durung ana sawiji dadi, Mung Allah thil Purweng ana”,dimanakah Allah pada saat itu ? sang penulis menjawab bahwa ” Awang uwung klenggahane” Allah berkedudukan di Awang uwung.Pengertian awang uwung ini tidak boleh disamakan dengan ruang kosong, karena pada saat itu Allah belum menciptakan sesuatu.Jadi terjemahan kedlambahasa Indonesia memang susah sulit.Penulis menyatakan bahwa”Allah sifat cahya mulya”,Allah mempunyai sifat cahaya/ energi yang muliya.Tampilan Allah berwujud energi yang Maha Besar yang mampu ”Nglimuti tan wusana” artinya mampu menerangi cakupan yang tanpa batas, Allah maha suci ,maha Agung dan luhur(Maha suci Agung luhur).Dan oleh karena Allah itu”Tanpa kantha tanpa kanca” maka sebaik kita tidak menggambarkan wujud Allah.

  

Sebagai rangkuman penjelasan dapat dinyatakan bahwa ”sebagai asal-usul kejadian hanyalah Allah yang mendiminasi keadaan saat itu.Allah hanya sendiri dan tidak berujud.

 

4.Purbawasisaning Widhi

Awang uwung trus cinahyan

Mangkya panas kahanane

Kang temah dumadya brama

Yeku geni kapisan

Geni suci aranipun

Geni suci mbabar daya

Tafsiran bebas

” Purbawasisaning Widhi” Dengan kemampuan Allah  maka ” Awang-uwung terus cinahuan ” Awang terus mendapatkan energi cahaya dari Allah sehingga ”Mangkya panas kahanane” jadi panas keadaanya, dan pada akhirnya” kang temah dumadya brama ” terjadinya nyala api yang pertama (yeku geni kapisan) Api ini kemudian dinamakan Api suci (Geno suci aranipun). Api tersebut kemudian melhirkan kekuatan atau daya( Geni suci mbabar daya)

5. Awang –uwung keneng geni

Ing samangke melar mobah

Dumadi angin temahe

Yaiku angin kapisan

Angin suci wastanya

Angin suci mubeng-mlaku

Sesarengan lan sang brama

Tafsiran bebas

Awang uwung yang secara terus menerus terkena api berakibat membengkak dan bergerak ( melar mobah ) dan menyebabkan timbulnya  Angin. Angin ini disebut dengan istilah angin suci (angin suci wastanya ).Angin bergerak berputar bersama –sama dengan api.

6.Dayan dinayan sang kadwi

Kapraban cahyaning Allah

Gya nguwap dumadya wareh

Banyu –pisan suci aran.

Mangkya Allah purawanya

Kagungan bakalan telu

Geni lan angin myang toya

Tafsiran bebas

Antara api suci dan angin suci bersinergi karena mendapatkan sinar cahaya Allah menimbulkan adanya air ( Gya nguap dumadya wareh), yang dinamakan Air suci. Dengan keadaan sekarang  maka Allah telah mempunyai tiga anasir bahan yaitu Api , Angin dan Air (3 A)

7. Nuninggih Purwaning ugi

Lahiring jagad kapisan

Jagad suci sebuttane

Mangkya puser lenggah Allah

Tri-Bakal-Suci mangkya

Terus mobah mubeng-mlaku

Ngubengi pusering Allah

Tafsiran bebas

Dari tiga anasir tersebut yang selalu bergerak dan bersinergi satu dengan yang lain dan masih pulah mendapat sorot sinar Allah maka lahir jagad pertama yang disebut jagad suci.Jagad suci ini merupakan tempat kedudukan sang pencipta (Mangkya puser lenggah Allah).Namun demikian tiga anasir tersebut tetap berputar dengan pusat putar puser Allah , tentukan akan berakibat timbul sesuatu .Apakah yang tombul selanjutnya?

8. Kocap larikane laris

Cahya saking puser allah

Lawan geni –angin-wareh

Kang ngubengi puser Allah

Panggihan pundi papan

Kethok-kinethoking larap

Timbul kantha tan wilangan

Tafsiran bebas

Akibat sinergi antara 3 A dengan cahaya Allah sementara tiga anasir selalu berputar saling potong memotong dan juga tertembus oleh Cahaya Allah  ,maka timbul bibit hidup ( timbul kantha tang wilangan), yang jumlah sangat banyak.

Dengan demikian dalamjagad suci  sebagai penghuni adalah lendran kantha ( bibit kehidupan yang jumalahnya sangat tidak terbatas )

9.Kantha –geni-kantha angin

Kantha –Toya jutan lendran

Tata urut runtut rentes

Sawiji tan ana tumpang

Undha usuk tebih prak

Lan puser Hyang Maha Agung

Nut nom sepuhing dumadya

Tafsiran bebas

Isi dari jagad suci berjuta- juta lendran ,semuanya tertata rapi dengan susuna yang sangat rapi ( Sawiji tan ana tumpang , undha usuk tebih perak ) Ini merupakan hukum Allah yang kecil akan mengeliling yang besar sementara yang besar akan selalu bersinergi dengan yang kecil.

10. Pan ngriku purwane mangkin

Cakrawala jagad pisan

Kebek kantha jejer-jejer

Kabyanya sinung cahya

Ageng alitipun cahya

Gumantung prak tebihipun

Klayan Puser Hyang Kalekas

Tafsiran bebas

Dalam pupuh ini ditegas kemabali  bahwa meskipun dalamjagad ini dihuni oleh berjuta- juta kanthabibit kehidupan  namun dapat tertata dengan baik,hanya saja  energi kehidupannya tergantung dari jauh dekatnya terhadap dengan puser Allah (Gumantung prak tebihipun Klayan Puser Hyang Kalekas)

11.Sagung Kantha katri jenis

Mobah mubeng tan kendat

Ngubengi puser Hyang Manon

Tumameng jagad –kapisan

Samya dayan dinayan

Mangkya kantha temah Ngukus

Tan sawiji kantha kliwatan

Ketiga anasir (3) berputar dengan pusat putarcahaya Allah terjadi sinergi dalam jagad pertama dan pada akhirnya tiga anasir(kantha ) menguap ( mengkukus ) seluruhnya tidak ada yang ketinggalan.

12.Sagung kukus kentar saking

Cakrawala jagad –kapisan

Gumolong neng alam seje

Umapan runtut tumata

Nut- asal-usul-kantha

Swiji tan ana tumpang suh

Mandhapuk jenis jagad

Tafsir bebas

Semua kukus terlempar dari pandhangan jagad pertama dan jatuh dialam laim dan dengan posisi yang sangat tertata rapi dan teratur seperti yang terjadi di jagad pertama .Demikianlah terciptanya jagad berikutnya.

13. Semanten Purwaning ugi

Gusti Allah tambah bawah

Yeku jagad kapindone

Jagad kukus wanastanan

Kukus pedut sipatnya

Cahyeng Allah pan kalimput

Tan katingal gantranira

Tafsir bebas

Jagad kedua lahir dan dinamakan jagad kukus yang bersifat seperti pedut sehingga cahaya Allah tidak nampak jelas dalam jagad ini

14.Wiseseng terus lumaris

Tumamaneng kadwi jagad

Akibat wus tinuturke

Kocap jagad kukus mangkya

Pinraban Hyang Kalekas

Kukus ngampas dadya endut

Temah ngentel dapur jagad

Tafsir bebes

Meskipun cahaya Allah dalam jagat ini tertutup kabut tetapi kekutan dan energinya tetap berpengaruh sehingga jagat kukus akhirnya mengendap(kukus ampas dadya endut yang kemudian mengnthal dan tercipta jagat ketiga.

15.Pan inggih purwane malih

Allah tambah panguwasa

Jagad katlu lahir nembe

Kang winastan jagad ampas

Dumadi sing ampasnya

Dwi jagad kang timbul ruhun

Jagad ampas peperangan

Tafsiran Bebas

Akibat mengentalnya endapan terciptalah jagat ketiga yang disebut jagat

Ketiga yang disebut jagat ampas ( kang winastan jagat ampas) karena terjadi dari ampasnya jagat kukus

16.Surya chandra lintang bumi

Jutan lendran beda-beda

Wujud watak-myang kartine

Kabeh samya lumaksana

Ubeng-ubengan samya

Tiru-turun asal-usulipun

Ngubengi puser Allah

Tafsiran Bebas

Jagat ampas meliputi adanya matahari ,bulan , bintang bumi dan masih banyak lagi lendran yang berbeda-beda ujud dan siaftanya , namun demikian hukum Allah tentang keteraturan masih tetap berlaku

17.Mekaten larahing laris

Allah lawan jagad-tiga

Sambung sumambung anane

Lelapisan niga-niga

Ginunggung lapis sanga

Nenggih geni-angin banyu

Sari lan kukus myang ampas

Tafsiran Bebas

Demikianlah proses terciptanya ketiga jagad oleh Allah , ketiganya berkesinambungan dengan lapisan tiga ,sehingga terciptalah sembilan lapis yang dari setiap jagat terdiri dari tiga anasir ( 3A)

18..Nging prapteng wekdal kadyekti

Tri Bana dereng sembada

Pan dereng langkep isine

Marma swawi gantos pocap

Nitik malih larahnya

Isine jagad tetelu

Tek ing kita umat ana

Tafsiran Bebas

Tetapi membahas tentang tijagat ciptaan Allah belum mankala belum dibahas isi setiap jagat.olah sebab itu berikutnya akan dikaji apa sajkah isi dari ketiga jagat tersebut

PANGKUR

1.   Saderengira winedar

Nlusur isining jagad katri

Sumangga rumiyin met rumus

Inti wedaran ngarsa

Pan puniku pinet dudutan panemu

Dimen tan angel tinampa

Temah gampilmanjing yakin

Tafsiran Bebas

Sebelum mengkaji menelusuri  isi dari jagad , sebelumnya diharapakan konsentrasi untuk menggunakan logika yang tetap .Hal ini diharapkan agar mudah diterima /difahami yang pada akhirnya mudah untuk diyakini.

2.   Ngarsa kocap purweng ana

Mung Allah thil tanpa kantha tanpa kanthi

Lenggah puser awang uwung

Hasipat cahya mulya

Anglimuti pundit dunung pundit wujud

Mangkya wasiseng cahya Hyang

Dihin mbabar geni suci

Tafsiran bebas

Sudah disebutkan terdahulu bahwa yang ada mulanya adalah Allah tanpa teman dan berkedudukan di puser Allah yang dimakan awang-uwung.Allah bersifat Cahaya Mulia yang menerangi disegala tempat atau papan.Dengan kekuatan Allah tersebut pertama tercipta anasir yang disebut api suci.

3.   Sumusul Angin suci myang

Toya suci trus kantha kanthane sami

Jagad pisan suci timbul

Satemah ngukus dadya

Timbul jagad pindho negggih jagad kukus

Nulya ngampas temah dadya

Jagad katlu ampas lahir

Tafsir bebas

Berikutnya terciptalah angin suci dan air suci kemudian baru bakalan sesuatu.Jagad pertama timbul disebut jagat suci , kemudian akibta menguap maka timbulah jagad kedua yang dinamakan jagat kukus.Karena kekuatan yang Widhi jagat kukus kemudian mengandap dan timbulah kagat ketiga yang disebut jagat ampas.

4.   Inti Geni-Angin –Toya

Salwir kantha –Kukus-Ampas pan sami

Mobah mlaku mubeng terus

Ngubengi Pusering Hyang

Beng-ingubengalit nubengi kan agung

Ngethok  tindake cahya Hyang

Abadi salami-lami

Tafsir bebas

Inti Api angin dan air serta bakalan sesuatu yang ada di jagat pertama kedua dan ketiga semuanya berbuptar mengeliling puser Allah ,bagian yang kecil mengitari yang besar dan memotong pancaran cahaya Allah selama-lamanya ( abadi)

5.   Mangkya kocap wisesing Hyang

Kang ha Puser madyaning jagad suci

Wiwit geni suci timbul

Sumambet liya-liya

Pan PuserHyang temah dadya titik pantul

Pemnatulan walik timbal

Marma samangke dumadi

Tafsir bebas

Dengan kekuatan dan kekuasaan Allah yang ada di puser jagat suci , dimuali saai api timbul dan yang lainya Puser Allah menjadi titik pantul,pantulan yang timbal balik merupakan dasar timbulnya isi jagat.

6.   Puser Hyang kebak kubengan

Pemantulan inti salwiring dadi

Tata runtut padet luluh

Purba mokaling Allah

Sabyar thathit lan dadining jagad telu

Jleg pan hasami sakala

Pamantulan makna dadi

Tafsir bebas

Puser Hyang penuh dengan pantulan inti sesuatu yang akan terjadi dikemudian yang tertata rapi dan teratur.Dengan kekuatan Beliau seperti kilatan cahaya saja terjadinya jagat ketiga tiba-tiba yang dikatakan sesuatu tercipta.

7.   Pan dadya Sukma Manungsa

Mahanani ngeker Puser Hyang widhi

Dudu putri dudu kakung

Jumeneng bibit sukma

Apan ugi jumeneng bibiting wujud

Kang gumelar ing Tri-Bana

Mangkya wrana bibit –Urip

 Tafsie bebas

Yang terjadi pertama adalah suksma manusia dan bertempat Puser Hyang Widhi.Bukan perempuan ataupunl laki-laki dan menjadi induk bibit suksma dan menjadi bibit segala ujud yang ada dijagat  pertama.kedua dan ketiga, dan berujud Bibit kehidupan.

8.   Rehning sang sukma kapisan

Dadya wrana ngurungi puser Hyang widhi

Tuking cahya maha agung

Marma timbal waliknya

Sukma kawit gambarnya nut cahya mantul

Majing jro sipat gumelar

Tan kliwatan niji-niji

Tafsir bebas

Karena suksma yang pertama menyelimuti puser Hyang Widhi yang merupakan sumber dari Yang maha agung,maka timbal baliknya sukma pertama gambar mengikuti cahaya yang memantul dan masuk kedlam sifat seluruhnya tidak ada ketinggalan.

9.   Marma layak ingaken

Jagad pisan alias jagad suci

Ya jagad urip satuhu

Wit suci sipatira

Isi sumber myang bakalan urip mulus

Kang wus lan calon gumelar

Ing Tri bana sipat kelir

Tafsir bebas

Maka patut untuk diakui bahwa jagad  pertama alias jagat suci adalah jagat kehidupan yang sebenarnya.Mulai dari sifatnya suci yang berisi bobot kehidupan yang mulus dan asli yang sudah maupun yang belum terujud dijagat ketiga-tiganya.

10 Apan Allah sumber gesang

Jutan lendran kantha-kantha Tri –jinis

Pan ugi iku sadarum

Bakalan inti gesang

Maning Karsa-Cipta =rasa mungging hidup

Wau sang sukma kapisan

Mangka wrana bibii Urip

Afsir bebas

Allah sebagai sumber kehidupan berjuta lendran bakalan dari tiga jenis seluruhnya dikatakan sebagai bibit kehidupan.Yang kemudian menjadikan Karsa-cipta dan rasa bagi yang telah hidup.Kembali Suksma pertama yang merupakan bibit kehidupan utama.

11.Ngulur kedik kang warah

Mangkya wulyan yen wonten takin

Manjinging bakalan hidup

Cahya Hyang manjing gesang

Geni-karsa Angin-cipta banyu raos

Sukma kawit wujud mangkya

Kabya mangka kodrat –Urip

Tafsir bebas

Mengembangkan kajian manakala ada yang bertanya tentang masuknya bibit kehidupan ,Cahaya Allah masuk ke kehidupan,Api jadi Karsa,angin jadi cipta dan air jadi Rasa.Suksma yang pertama dialam kehidupan akan mempuntanyainya.

12.Gantya mangke kang winanrna

Jagad pindho jagad kukus kang nami

Witya asal saking kukus

Kukus jagad kapisan

Isi sipat kukuskuskus ipun

Isen-isen jagad pisan

Sawiji tan ana cicir

Tafsir bebas

Berikut akan dikaji tentang tentang jagat yang kedua yang disebut jagat kukus.,karena asalnya memang dari kukus jagat pertama.Semua yang ada dijad pertama akan mengukus sehingga isinya layak seperti yang ada pada jagat pertama,satupun tidak ada yang ketinggalan.

13.    Kukus cahya kukus kantha

Geni –Angin-Toya myang sukma kawit

Tumata urut aruntut

Naluri traping asal

Kukus cahya angebaki jagad kukus

Kukus kantha jenis tiga

Lelapisan urut rintis

Tafsir bebas

Kukus Cahaya kukus kantha Api , angin dan air dan kukus suksma pertama tertata rapi menurut asal mulanya.Kukua cahaya memenuh jagat kukus yang tiga jenis kahnta secara berlapis-lapis urut teratus.

14.    Mangkya kukus sukma kalekas

Lenggah puser jagad kukus ngregani

Misesa tri jenis kukus

Kang saben kantha mangkya

Ugi mengku gambar sukma kawit kukus

Nyawiji tanpa kliwatan

Trus kocap hukum dumadi

Tafsir bebas

Kemudian kukus sukma pertama berada pada puser jagat kukusdan menguasai pada tigajebnis kukus.Dan setiap bakalan juga terikat pada kukus sukma pertama dan tanpa ada yang ketinggalan menyatu dan pada akhirnya terjadilah hukum kejadian.

15.    Ubeng cakra manggilingan

Jagad kukus tan singgah purbeng giling

Dayan dinayan terus

Tri Bana lan isinya

Weh akibat obah owah suda wuwuh

Tumameng jagad tetiga

Kocap jagad kukusmangkin

Tafsir bebas

Semua kukus terus berputar bergantian dan tidak pernah ada yang berhenti dayan dinayan secara berkesinambungan pada tiga jagat dan isinya, dan berakibat sering terjadi perubahan pada kehidupan ditiga jagat .Bagaimnakah jagat kukus kemudian?

16.    Nenggih sang Rumenggeng nata

Sukma kawit kukus kang sipat neki

Dudu putri dudu kakung

Karumaos kang rowang

Tuwuh nafsu adreng dereng butuh kancuh

Gumleng neng gambar cipta

Hukum moklaing Hyang widhi

Tafsir bebas

Bagaimanakah kukus sang sukma pertama bukan wanita dan bukan priya terasa membutuhkan teman , timbul nafsu yang kemudian pingin bersatu tergambar pada Cipta .Dengan kekuasaan Hyang widhi.

17.    Sasana padha sakala

Dad sang adreng gya pecah dados kalih

Nging blegernya tetep wutuh

Kembar jambe sinigar

Amung beda ciri putri klawan kakung

Sang kembar keplok karsa

Kang kraton rinenggeng kalih

Tafsir bebas

Secara tiba-tiba kukus sukma pecah jadi dua tetapi ujudnya tetap lengjap sama , kembar jambe sinigar tetapi ada bedanya yaitu ciri putri dan ciri kakung,Kembaran ini sama kehendaknya dan tinggalnya menjdi dua tempat.

18.    De tri jenis kukus kantha

Timbal walik pantul pinantul sami

Lawan isi puseripun

Priya putri kang kembar

Gya tan kantun kabya kantha dadya tiru

Isi tan siwah lan pusat

Mekaten hukum Hyang Widhi

Tafsir bebas

Tiga jenis kukus semuanya bersinergi dengan kekuatan yang ada pada puseryaitu si kembar laki-laki dan perempuan sebagai akibat semua bakalan meniru perilaku sang yang ada dalam puser.Demikianlah hukumdari yang maha Kuasa.

19.    Pan ngriki lekasing kodrat

Sukma kawit sinunung nafsu kalih

Mangka inti jagad kukus

Bumbu myang rowang gesang

Mangsa kala tumurun mring jagad telu

Ning penesti dadi begal

Mring pra sukma mamrih suci

Tafsir bebas

Demikianlah dimualinya kodrat bahwa sukma pertama mempunyai dua nafsu sebagai inti jagat kukus yang akan menjadi teman hidup setelah mengalami kehidupan di jagat ketiga.Tetapi sudah kodrat bahwa akan menjadi penghalang bagi sukma yang ingin suci

20.    Tanapi purawne uga

Saben gesang sininung nafsu kalih

Nafsu jalu lan wadhu

Kang dayan dinayanya

Nyithak pesthen ala becik bener luput

Neng jagad kukus lan ampas

Lestari salami-lami

Tafsir bebas

Menjadi awal keadaan lagi bahwa setiap kehidupanakan mempunyai dua nafsu yaitu nafsu lelaki dan perempuan .Hasil sinergi akan mencetak baik buruk salah benar di dua jagat yaitu jagat kukus dan jagat ampas.

DHANDHANGGULA

1.   Mangkya nyambet jagad ampas malih

Jagad katlu wadag kang kayeka

Jejer ngarsa wus cinulek

Reh jantra giling terus

Cacah ewah tambahing dadi

Gumelaring Tri Bana

Sambung sinambung trus

Sari obeh kukus owah

Ampas tambah makaten salami-lami

          Pun manjing hukuming Hyang

Tafsiran bebas

Kajian tentang jagat ampas lagi jagat ketiga  yang tadi telah disinggung sedikit , hitungan dapat tambah owah apa yang terjadi di tiga jagat ,terus terjadisambung sinambung ( bersinergi).Jika inti obah maka kukus akan berubah ampas tambah ,demikian selamalamanya

2.   Riwus jagad kukus kewah isi

Sagung kantha kukus tigang warna

Warata padha isine

Isi dat gambar nafsu

Napsu-napsi sang sukma kawit

Napsu-napsi sakembar

Jalu kalayan wadu

Purba cakramang gilingan

Kukus ngampas sagung kantha ampas katri

Sing jagad kukus kentar

Tafsiran bebas

Setelah jagat kukus penuh isinya , semua bakalan kukus tiga warna merata sama isinya yang berupa gambar nafsu yang merupakan nafsu sang sukma pertama, Nafsu ini berujud kembar hanya berjenis lelaki dan perempuan yang saling bercengkerama .Kukus ngampas  semua ketiga ampas terlempar dari jagat kukus

3.   Gya umanjing jagad ampas sami

Apepantan pan samya umapan

Nut dasar rasa tunggale

Surya candra karasuk

Lintang bumi samya pinandhing

Warata tan kliwatan

Kabyanya di nunung

Geni ampas angin- ampas

Toya –ampas kang ngandut napsu urip

Makuwon jagad ampas

TAFSIR BEBAS

Terlempar tiga jenis kantha tadi jatuh pada jagat ketiga ( jagat ampas) dengan posisi sesuai kwalitasnya dan kelompoknya.Matahari dan bulan dapat disaksikan ,bintang –bintang bersinar seuai dengan kekuatanya semua merata tanpa ada yang ketinggalan.Ampas api ,ampas angin dan ampas air semuanya menggegam nafsu urip yang berposisi dijagat ampas ( jagat wadag)

4.   Nenggih ngriki lekase dumadi

Jagad ampas mot calonan gesang

Nging lagya gatra salwire

Gatra kang sarwa wujud

Gatra jinis-jinise urip

Napsu budi myang akal

Agatra sadarum

Ning sanggung gatra mangkana

Kathah kedik pan wonten babu pinirib

Mirib sukma kalekas

Tafsiran Bebas

Inilah yang disebut dimulainya adanya kejadian , jagat wadag memuat bakalan kehidupan tetapi baru berbentuk awal ( gatra ),gatra yang berujud , gatra jenis kehidupan ,nafsu budi dan akal semuanya berbentuk awal.Tetapi semua gatra sedikit banyak akanpunya teman terpilih seperti keadaan sukma pertama.

5.   Kang saweneh ngembari tan nlisir

Weneh mirib weneh kedik mimba

Saweneh adoh sungsate

Mangkya geng alitipun

Wonten kirang wonten nglangkungi

Mirip gatrane asta

Ana mung sawulu

Mirib peperangan liya

Weneh mrib peperangan kang wadi-rumid

Ana meh tan katingal

Tafsir bebas

Ada yang benar-benar sama ,tetapi ada pula yang hanya mirip saja ,ada jauh berbeda, tetapi besar kecilnya ada yang lebih kecil ada pula yang lebih besar sesuai dengan bakalanya, ada yang sangat kecil sekali, ada hanya mirip bagian bagian tertentu, ada pula yang mirip hanya pada bagian yang dirahasiakan ada pula pertanda yang tidak mampudiamti.

6.   sagung gatra taksih sipat bayi

tangeh napsu akal budi nalar

gesang mung karsaning Gaeb

dyan sipat jalu wadu

Cara carem durung inguning

Karana weseseng Hyang

Gatra laju maju

Cahyeng Hyang terus andaya

Napsu urip tansah tanggap nut kuminthil

Gatra temah dewasa

Tafsir bebas

Semua bakalan berupa bayi yang belum punya nasfu , akal dan budi hidupnya hanya tergantung pada yang Ghoib meskipun mereka sduah tampak lelaki atau perempuan.Cara berhubungan seksual jelas belum mengenal.Dikarenakan kekuasaan Allah gatra tersebut berkembang akibat mendapatkan energi ( cahaya ) Allah gatra tersebut akhirnya dewasa.

7.   Apan ngriku jagad ampas wiwit

Dadya ajang gedang wewadagan

Jinis bibit neka warneng

Jinie jamur myang rumput

Wiiwitan mayang kewan geng-alit

Darat tawang myang toya

Manungsa tetunggul

Samya sipat wadu priya

Kang dumadi careman dur ing jasmani

Durung kadya samangkya

Tafsir bebas

Pada saat itulah jagat ampas mulai jadi ajang berkembang biakan semua jenis kehidupan baik tumbhuan maupun binatang dan manusia sebagai  yang terunggul.. Dimana perkembang biak dimulai mulai campur jasmani antara dua jenis pada kelo,poknya.

8.   Tarlen saking carem napsu urip

Duk neng jagad kukus pan klampahnya

Marma kayeku sipate

Isih setengah alus

Durung wadag mengkene iki

Nging riwus kaprabawan

Jagad ampas ngriku

Mangkya ewah sipatira

Dadya wadag wedagan salir karti

Ugi cara caremnya

Tafsir bebas

Terbawa sejak dari jagat kukus nafsu campur sudah ada dalam dijagat ampas ini baru dapat dilakukan secara nyata

9.   Temah carem wewadagan manjing

Cara lumrah aneng jagad ampas

Sanadyan tha hakikine

Carem lahir puniku

Apan disik careming bathin

Jagad kukus kang mentah

Nafsu jalu wadu

Jagad kukus wit penerintah

Jagad urip tanapi Kang gawe urip

Sung wadag mung nggo ajang

Tafsir bebas

Campur antara lelaki dan perempuan menjadi cara-cara yang sewajarnya di jagat ampas , meskipun nafsu tersebut telah muncul saat di jagat kukus tetapi dulu hanya berupa batin saja sebab dijagat kukus masih mentah.Sejak dari jagat kukus nafsu pria dan wanita sudah ada, sehingga jagat wadag hanya berfungsi sebagai ajang.

10.Kocap jantra tepung gelang mangkin

Allah karya jagad myang isinya

Sinebut tekan rampunge

Myang tandon bibit cukup

Urip-nafsu-wadah pan komplit

Tan bade katelasan

Tanpa wates wektu

Wit kang anyar calon lawas

Lawas rusak bali marang bakal asli

Bakal tumibalmangkya

Tafsir bebbas

Demikianlah sudah seluruhnya Allah menciptakan jagat komplit dengan isinya .Cadangan tandon cukup tidak akan kehabisan tidak terbatas waktu mulaidari yang baru kemudian yang sudah lama akan rusak kembali kebakalan asli dan kembali lagi

11.Trus mekaten wiseseng Hyang widhi

Gusti Allah langgeng datan owah

Amung jagad tetigane

Dyan pinanggihing petung

Katri Bana hasipat yekti

Wawrat tetep tan ewah

Nging sen isenipun

Tansah ebah suda ewah

Lintu papan saking ngrika pindah ngriki

Gantos ujud myang cacah

Tafsir bebas

Demikianlah kekuatan Hyang Widhi , Gusti Allah langgeng tidak berubah.Hanya  tigat jagat jika diperihitungkan ketiga bersipat pasti bobo tidak berubah tetapi kemungkinan isinya akan mengalami perubahan , dapat berupa perubahan posisi , mungkin pula berganti ujud dan sebagainya.

12   .Kang wusana nyambet pocap ngarsi

          Riwus carem cara wewadagan

          Wus manjing dadi hukume

          Hkukum kodrating makhluk

          Pra manungsa hasirik keri

          Mangkana akibatnya

          Nun makaten sampun

          Kita pan samya wuninga

          Mung manungsa kang ngaken umat winilis

          Trus majeng budayanya

Tafsir bebas

Pada akhirnya perlu dibicarakan kembali bahwa campur antara pria dan wanita secara wewadagan  sudah menjadi dasar kodrat makhluk, untuk itu manusiapun tidak ketinggalan dan akibatnya kita semua telah mengerti, hanya manusia yang mengaku umat piniih yang terus mampu mengembangkan budayanya.

13.   Tambah majeng budayaning janmi

          Timbul neka warneng falsafah

          Kang mangka pandom gesange

          Beda-beda asnapun

          Katak kedik kita nekseni

          Marma pangripta mangkya

          Nyigeg dongengipun

          Tan supe kanthi pangajab

          Mugi dongeng kang kadyeki manjing bekti

          Ngluhurken Asma Allah

Tafsir bebas

Dengan kemajuan budaya manusia, maka timbulah berbagai falsafah yanh bersaral dari pedoman hidup yang berbeda.Sedikit banyak kita menyaksikan.Oleh sebab itu penyusun  membatas sampai disini ceritanya..tidak lupa dengan harapan ,semoga dongeng ini jadi ujud bekti ngluhurkan nama Allah

 

 

 

Tentang bopong

saya penggemar budaya jawa saya guru SMA saya senang menulis
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s