WARNA DAN PENGARUHNYA

PENGARUH WARNA TERHADAP AKTIVITAS HIDUP

Warna mungkin dapat menggairahkan,tapi juga dapat membuat lesu bahkan juga dapat membuat badan sakit.Apakah warna berpengaruh dalam kehidupan dalam yang lebih luas.Warna merah misalnya dapat membuat banteng ,warna hijau dapat membuat mata maunya terpejam.

Pernah ku lakukan percobaan dengan menggunakan ruang kelas,kebetulkan saat itu diadakan lomba memperindah ruang kelas.Kebetulan aku saat itu wali kelas XII ipa ,dari usulan anak didiku tembok dalam dicat warna biru laut.Usulan itu saya setujui dan segera dikerjakan.Disamping ruang lab,ipa saya biarkan seperti sediakan dengan warna tembok kekuning-kuningan.

Ternyata pada ruang kelas yang dinding temboknya warna biru berakibat vatal ,banyak siswa cepat lesu bahkan ngantuk dan saat saya pindah lab.ipa rasa ngantuk serna gairah kembali.

Dari hasil pengamatan itu dapat disimpulkan bahwa ternyata ada warna yang menggairahkan dan ada membuat lesu cepat ngantuk.Berkaitan dengan tersebut anak –anak saya perintah untuk mengadakan percobaan pengaruh warna terhadap aktivitas nyamuk.Hasil ternyata warna merah membuat nyamuk tidak betah tinggal.

Dengan hasil pengamatan aktivitas nyamuk ini,saya berpendapat bahwa aktivitas binatang juga dipengaruhi oleh warna lingkungan,termasuk virus dan kuman penyakit.

Pemanfaatan pengaruh warna dalam aktivitas ini sebaiknya perlu dipikirkan guna pengobatan /terapi berbagai macam penyakit.Kita tahu warna cat tembok rumah sakit belum memperhatikan hal tersebut.Sal yang digunakan untuk penyakit kudis masih sama dengan yang mengindap penyakit hepatitis.Sebaiknya juga serentak diadakan penelitian yang ada hubungan aktivitas virus dan kuman penyakit terhadap warna tertentu hingga dimanfaatkan seoptimum mungkin.

Tentang bopong

saya penggemar budaya jawa saya guru SMA saya senang menulis
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

