BID’AH

AWAL MULA TERJADINYA PERBUATAN BID’AH

Bagaimana pendapat sunan ampel terhadap berbagai masalah kepercayaan dan adat istiadat masyarakat kiranya dapatlah kita ketahui dari hasil pada pemusyawaratan para wali. Pada waktu Sunan Kalijaga mengusulkan agar adat istiadat Jawa seperti selamatan, bersesaji itu dimasuki rasa ke-Islam-an, maka sunan ampel pun bertanyalah :

Apakah tidak mengkhawatirkan dikemudian hari ? bahwa adat isitadat dan upacara-upacara lama itu nanti akan dianggap sebagai ajaran islam, sebab kalau demikian nanti apakah hal ini tidak akan menjadikan bid’ah?“.

Pertanyaan sunan ampel ini kemudian dijawab oleh sunan Kudus sbb :

Saya setuju dengan pendapatnya Sunan Kalijaga, sebab menurut pelajaran agama Budha itu ada persamaannya dengan ajaran Islam, yaitu orang kaya harus menolong kepada fakir miskin. Adapun mengenai kekhawatiran tuan, saya mempunyai keyakinan bahwa dikemudian hari akan ada orang Islam yang akan menyempurnakannya“.

Ternyata yang kwatirkan Sunan Ampel sekarang meraja lela,banyak sekali perbuatan bid’ah yang dianggap bentuk ibadah salah satu contoh manakipan.Dikalangan masyarakat islam kolot kegiatan manakipan merupakan kegiatan ibadah penting yang digunakan ngluwari kaul pengganti ruwatan.Sedangkan acaranya dibuat benar sakral ,sewaktu sang kyai membawa sejarah riwayat hidup Syeh Abdulkadir Zaelani semua yang ada tidak bicara ,minum apalagi makan diam duduk manis.Disamping itu kegiatan yang tidak kalah kikmad yaitu berjanjen ,kegiatan ini biasanya untuk mencukur rambut bayi pertama kali.

Yang lebih parah lagi kegiatan selamatan untuk orang meninggal ,ada seorang kyai yang menambah parahnya penderitaan orang ditinggal mati ,karena harus menggantikan dengan beras selama orang meninggal tidak menjalankan sholat, setiap hari dihitung 2,5 kg beras.Ya kalau satu bulan masih terjangkau ,kalau satu bahkan bertahun –tahun alangkah beratnya beban yang  ditanggung.Akibatnya malah orang yang terpaksa harus murtad pindah ke agama lain selain islam.

Kalau upacara selamatan untuk orang meninggal itu dihubungkan jahad yang akan kembali ke asalnya boleh kita terima.Saat tiga orang meninggal semua jasad berasal dari air meluruh kembali ketanah.Sedang tujuh hari berlalu semua daging kembali ketanah ,empat hari kemudia otot mulai kembali ketanah sampai seratus hari sendi sendi mulai terpisah.Sampai seribu hari semuanya kembali ketanah,tetapi masih tersisa rambut .kuku , tulang sebagai bahan kloning dihari kebangkitan.

Perkataan Sunan Kudus yang mengatakan , saya mempunyai keyakinan bahwa dikemudian hari akan ada orang Islam yang akan menyempurnakannya“.Siapa dia apakah KH.Ahmad Dahlan atau siapa disampaikan sunan kudus tersebut ,kalau dilihat dari kiprah organisasi Muhammadiyah yang dirikan Beliau tidak salah lagi orang ini yang dimaksud Sunan Kudus.

Tentang bopong

saya penggemar budaya jawa saya guru SMA saya senang menulis
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s